1. PEKERJAAN DAN WAKTU LUANG
a.
Penyesuaian diri dalam pekerjaan
·
Kepuasan Kerja
Dalam kepuasan kerja tidak ada batasan dari pekerjaan yang dirasakan paling
sesuai oleh para penulis dan peneliti. Tenaga kerja yang puas dengan
pekerjaannya akan merasa senang dengan pekerjaannya.
Kepuasan kerja lebih umum didefinisikan sebagai kepuasan individu terhadap
pekerjaannya. Kepuasan kerja seseorang pada dasarnya tergantung pada selisih
nilai antara harapan, kebutuhan atau nilai dengan apa yang menurut perasaan
atau persepsi telah diperoleh melalui pekerjaan. Seseorang akan merasa puas
jika tidak ada perbedaan antara yang diinginkan dengan persepsinya atas
pekerjaan.
Menurut Locke, ada dua unsur yang penting dalam kepuasan kerja, yaitu
nilai-nilai pekerjaan dan kebutuhan-kebutuhan dasar. Nilai-nilai pekerjaan
adalah tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan tugas pekerjaan, yang
ingin dicapai adalah nilai-nilai pekerjaan yang dianggap penting oleh individu,
bahwa nilai-nilai pekerjaan harus sesuai atau membantu pemenuhan
kebutuhan-kebutuhan dasar.
Dapat simpulkan bahwa kepuasan kerja merupakan hasil dari tenaga kerja yang
berkaitan dengan motivasi kerja.
·
Perubahan dalam persediaan dan
permintaan, dan berganti pekerjaan
-
Keluar (exit), Ketidakpuasan kerja
yang diungkapkan dengan meninggalkan pekerjaan. Termasuk mencari pekerjaan
lain.
-
Menyuarakan (voice), Ketidakpuasan
kerja yang diungkapkan melalui usaha aktif dan konstruktif untuk memperbaiki
kondisi, termasuk memberikan saran perbaikan.
-
Mengabaikan (neglect), Ketidakpuasan
kerja yang diungkapkan melalui sikap membiarkan keadaan menjadi lebih buruk.
Misalnya sering absen, upaya berkurang, dan kesalahan yang dibuat makin
banyak.
-
Kesetiaan (loyalty), Ketidakpuasan
kerja yang diungkapkan dengan menunggu secara pasif sampai kondisinya menjadi
lebih baik.
·
Fase dalam memilih pekerjaan
Dalam
memasuki dunia kerja, seseorang yang memasuki fase usia dewasa awal harus
melakukan tahap-tahap penyesuaian pekerjaan, antara lain:
-
Pilihan pekerjaan
Individu
dapat memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, kompetensi dan
faktor-faktor psikologis lainnya supaya ketika bekerja kesehatan mental dan
fisiknya dapat dikelola.
-
Stabilitas pilihan pekerjaan
Dalam
memilih pekerjaan, individu harus melakukannya dengan mantap dan
berpindah-pindah kerja masih dapat dilakukan di usia awal dewasa dini.
-
Penyesuaian diri dengan pekerjaan
Proses
menyesuaikan diri dengan jenis pekerjaan yang telah dipilih meliputi sifat dan
jenis pekerjaan, melakukan adaptasi dengan teman sejawat/ kerja, pimpinan,
lingkungan kerja dan aturan-aturan dalam dunia kerjanya.
b. Waktu Luang
Menurut Thomas A. Edison, Waktu adalah satu-satunya modal yang dimiliki oleh
manusia, dan ia tidak boleh sampai kehilangan waktu. Memanfaatkan Waktu Luang
dapat dengan cara melakukan hal-hal yang positif sehingga akan menjadi
aktivitas yang berguna.
Menggunakan waktu luang secara produktif dapat membantu kita dapat mengatasi
ketidakmampuan dalam hal bersantai-santai, karena "untuk melakukan
sesuatu" menggunakan waktu luang dengan cara yang lebih bermanfaat bagi
kita akan menjadikan kita lebih baik dan tidak membuang-membuang waktu
yang kosong.
Hal- hal yang akan mengisi waktu luang :
- Tuliskan daftar hal-hal yang ingin
dilakukan dalam waktu luang. Misalkan : Membuat agenda tentang keseharian kita
dan cari adakah waktu luang dalam sehari.
- Tentukan prioritas. Dengan
prioritas, kita dapat mengetahui hal apa yang mendesak, apa yang kurang. Tanpa
prioritas, waktu terbuang percuma.
-
Tinggalkan hal-hal yang kurang
bermanfaat
Menurut Stephen R. Covey, menggunakan waktu dengan bijak, maka tidak ada istilah tidak punya waktu luang! Tidak ada waktu yang terbuang percuma. Kuncinya terletak bukan pada bagaimana Anda menghabiskan waktu, namun dalam menginvestasikan waktu Anda. Melakukan dua hal bersamaan sama artinya dengan tidak melakukan sesuatu.
Menurut Stephen R. Covey, menggunakan waktu dengan bijak, maka tidak ada istilah tidak punya waktu luang! Tidak ada waktu yang terbuang percuma. Kuncinya terletak bukan pada bagaimana Anda menghabiskan waktu, namun dalam menginvestasikan waktu Anda. Melakukan dua hal bersamaan sama artinya dengan tidak melakukan sesuatu.
- Salah satu cara yang baik untuk
mendapatkan dan menggunakan waktu luang menjadi berguna adalah menemukan
hal-hal baru. Kita dapat mencoba hal- hal baru yang tidak pernah kita
lakukan dan menikmati tantangan baru dalam kehidupan di waktu luang.
2. KONSEP DAN PENERAPAN SELF DIRECTED
CHANGES
a.
Meningkatkan kontrol diri
Mendasarkan
diri pada kesadaran bahwa pada setiap manusia memiliki kemampuan untuk
mengembangkan dirinya sesuai dengan kondisi yang dimiliki setiap manusia. Itu
dapat terjadi sebagai akibat perubahan dalam struktur kognitif yang dihasilkan
oleh perubahan struktur kognitif itu sendiri atau perubahan kebutuhan juga
adanya motivasi internal serta belajar yang efektif.
b. Menetapkan Tujuan
Dimaksudkan
untuk menjaga individu agar tetap tertuju pada proses pembelajaran, dalam arti
dapat mengetahui dan mampu secara mandiri menetapkan mengenai apa yang ingin
dipelajari dalam mencapai kesehatan mental, serta tahu akan kemana tujuan
hidupnya, cakap dalam mengambil keputusan dan mampu berpartisipasi di
masyarakat dan akan mampu mengarahkan dirinya.
c.
Menyusun konsekuensi yang efektif
Pemahaman
dalam arti sehat mental dapat menentukan perubahan pada individu dalam
melakukan mobilitas untuk melakukan segala sesuatu aktifitas – aktifitas yang
dilakukan oleh manusia, dalam menanggapi stimulus lingkungan, yang meliputi
aktivitas motoris, emosional,dan kognitif dalam mencapai kematangan mental.
d. Menerapkan perencana intervensi
Membawa
perubahan, tentunya pada perubahan yang lebih baik. Dalam arti pemahaman
nilai-nilai, karakter / watak, dan cara cara berperilaku secara individual.
Kita harus lebih memahami cara berperilaku pada kegiatan proses pembentukan
watak dan pembelajaran secara terencana.
e.
Evaluasi
Faktor
yang penting untuk mencapai kematangan pribadi, sedangkan salah satu faktor
penting untuk mengetahui keefektifan adalah evaluasi baik terhadap proses
maupun hasil pembelajaran.
Sumber :
Nama : Dimas Adityo S
Kelas : 2PA14
NPM : 12513475
0 komentar:
Posting Komentar
Koment dengan user Annonymous tidak akan saya balas , Terima kasih atas perhatiannya..